close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Dr. Sri Lestari, Sp.A (K)

dr. Sri Lestari, Sp.A (K)

Profil dr. Sri Lestari, Sp.A (K)

 

dr. Sri Lestari, Sp.A (K) merupakan Dokter Spesialis Anak Konsultan Alergi Imunologi di Eka Hospital Bekasi. 

Beliau memiliki kompetensi mengenai sistem imunitas tubuh dan kelainan dalam respons imun tubuh anak sehingga bisa memberikan solusi terbaik untuk mengatasi alergi dan gangguan imunitas tubuh yang diderita anak.

Sekilas soal dokter spesialis anak konsultan alergi imunologi adalah dokter spesialis menangani berbagai penyakit alergi dan permasalahan mengenai kekebalan tubuh pada anak-anak, dari bayi hingga remaja 18 tahun.

Selain menangani pasien, dr. Sri Lestari kerap menjadi narasumber untuk memberikan edukasi tentang pencegahan alergi pada anak baik.

 

Latar belakang pendidikan

dr. Sri Lestari, Sp.A (K) merupakan lulusan Universitas Indonesia sebagai dokter spesialis anak. Berikut ini daftar lengkap pendidikan dan pelatihan yang pernah beliau tempuh:

  • 1991 : S1 Dokter Umum Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia
  • 2000 : Mengikuti Continues Professional Development IDAI
  • 2004 : Pelatihan Advanced Pediatric Resuscitation, Jakarta
  • 2005 : Pelatihan Terapi Inhalasi UKK Respirologi PP IDAI, Jakarta
  • 2006 : S2 Dokter Spesialis Anak Departemen Ilmu Kesehatan Anak Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta

Kondisi yang ditangani

Beberapa penyakit yang umumnya ditangani dokter spesialis anak konsultan alergi imunologi seperti dr. Sri Lestari, Sp.A (K), antara lain:

1. Alergi makanan
Alergi makanan terjadi saat respons tubuh menganggap zat tertentu dalam makanan sebagai sesuatu yang berbahaya. Akibatnya muncul gejala seperti gatal dan ruam pada kulit, sakit perut, mual, muntah, diare, hidung tersumbat, sesak napas hingga gejala parah berupa syok anafilaktik yang membahayakan nyawa.

2. Alergi debu
Alergi debu terjadi saat menghirup udara yang bercampur dengan debu, kotoran tungau, serbuk sari tanaman, spora jamur, atau bulu hewan yang menjadi zat pemicu alergi.

3. Alergi obat
Tidak semua obat menyembuhkan karena ada beberapa obat yang ternyata malah membuat tubuh seseorang alergi. Gejalanya dapat berupa ruam kulit, gatal-gatal, demam, pembengkakan, mata gatal dan berair, hingga sesak napas. Terkadang juga menimbulkan gejala serius seperti syok anafilaktik atau sindrom Steven-Johnson yang membutuhkan penanganan medis.

4. Rhinitis alergi
Rhinitis alergi salah satu penyakit yang disebabkan alergi debu. Rhinitis alergi adalah peradangan atau iritasi pada lapisan lendir hidung, yang ditandai dengan gejala berupa pilek, hidung tersumbat, dan bersin-bersin.

5. Asma
Alergi debu juga dapat memicumenyebabkan asma. Asma adalah penyakit kronis pada saluran pernapasan yang ditandai dengan sesak akibat peradangan dan penyempitan pada saluran napas. Gejala asma umumnya berupa batuk dan sesak napas.

6. Eksim atopik
Gejala eksim atopik berupa gatal-gatal, kering, dan bersisik pada kulit.

7. Sinusitis
Sinusitis adalah infeksi atau peradangan pada rongga hidung. Gejalanya dapat berupa pilek berkepanjangan, ingus yang berwarna hijau atau bening, batuk-batuk, sakit pada wajah, dan demam.

8. Penyakit Imunodefisiensi

Penyakit Imunodefisiensi terjadi ketika sistem kekebalan tubuh terganggu, sehingga tidak bisa melindungi diri dari bakteri, virus, dan parasit.

9. Penyakit Autoimun
Penyakit autoimun terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru menyerang jaringan tubuh sendiri.

Anda bisa langsung menemui dokter spesialis anak konsultan alergi imunologi jika anak Anda mengalami beberapa gejala berikut ini:

  • Memiliki riwayat alergi dalam keluarga.
  • Anak mengalami gejala alergi seperti ruam, kulit gatal, hidung gatal, hidung tersumbat, bersin-bersin, menggigil, mual, muntah, diare atau sesak napas setelah mengkonsumsi makanan tertentu atau melakukan kontak dengan sesuatu benda dan zat pemicu alergi.
  • Sering menderita infeksi tertentu.

Tindakan yang dapat dilakukan

dr. Sri Lestari, Sp.A (K) akan melakukan pemeriksaan fisik dan menanyakan gejala yang diderita anak. Beliau juga akan melakukan beberapa tes penunjang dalam mendiagnosis penyakit alergi yang diderita anak Anda. Berikut ini beberapa tindakan medis yang akan dilakukan dari metode diagnosis hingga pengobatan alergi pada anak:
1. Tes alergi
Beliau akan merekomendasikan tes alergi berupa tes kulit yang terdiri dari skin prick test dan patch test.

Skin prick test atau uji tusuk kulit adalah tes untuk mendeteksi apakah memiliki alergi terhadap beberapa alergen (penyebab alergi) sekaligus atau tidak. Beberapa zat alergen yang dapat diuji dengan tes alergi alergi ini umumnya serbuk sari, jamur, bulu hewan, tungau, atau makanan tertentu.

Patch test atau tes tempel adalah tes alergi yang dilakukan untuk memastikan apa pemicu alergi dengan menggunakan lembaran-lembaran kain mirip koyo (patch) pada kulit.

2. Tes darah
Tes darah dilakukan untuk memeriksa antibodi alergi atau memastikan adanya antibodi yang menandakan terjadinyamenyebabkan penyakit autoimun.

3. Diet eliminasi
Ini biasanya dilakukan untuk anak yang menderita alergi berat terhadap makanan tertentu. 

4. Imunoterapi
Pengobatan ini dilakukan untuk menurunkan sensitivitas anak terhadap alergen.

dr. Sri Lestari, Sp.A (K) juga memberikan saran pencegahan alergi pada anak sejak masa kehamilan, antara lain:

  • Hindari rokok
  • Pemberian ASI eksklusif
  • Lakukan imunisasi dasar lengkap
  • Hindari antibiotik

Lokasi Praktek : Eka Hospital Bekasi

Untuk prakteknya, dr. Sri Lestari, Sp.A (K) berada di Rumah Sakit Eka Hospital Bekasi. Jadi jika anak Anda mengalami alergi atau masalah imunitas, bisa buat janji dengan dr. Sri Lestari melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555.

Dokter Terkait

dr. Melia Yunita, Sp.A.M.Sc

Anak

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Dr. Muh Danial Umar, Sp.KJ

DR. Dr. Deddy Satriya Putra, Sp.A (K)

dr. I Gusti Ngurah Adhiarta, Sp.PD-KEMD, FINASIM

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo