close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Kenali Macam-Macam Penyakit Pada Sistem Pernapasan Beserta Dengan Gejalanya!

Sakit Pernapasan

Sistem pernapasan manusia memiliki peran penting yaitu memberi asupan oksigen yang dibutuhkan oleh tubuh. Oksigen dibutuhkan tubuh sebagai sumber untuk membakar energi, membentuk sistem kekebalan tubuh, hingga menjaga keseimbangan pH tubuh. Namun sistem pernapasan juga dapat mengalami gangguan dan menyebabkan proses bernapas menjadi terganggu dan tidak maksimal. 

Penyakit pada sistem pernapasan dapat mempengaruhi aktivitas dalam kehidupan sehari-hari. Tanpa asupan oksigen yang cukup, tubuh tidak dapat bergerak dengan maksimal dan akan lebih mudah untuk merasa kelelahan. 

Apa Penyebab Penyakit Pada Sistem Pernapasan? 

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan penyakit pada sistem pernapasan, seperti:

  • Kebersihan udara 
  • Reaksi alergi
  • Infeksi bakteri, virus, dan jamur
  • Faktor keturunan

Apa Ciri-Ciri Penyakit pada sistem Pernapasan?

Saat mengalami sakit pada saluran pernapasan, ada beberapa gejala yang biasanya timbul. Namun gejala yang dirasakan mungkin akan berbeda-beda pada setiap orang tergantung dari jenis dan penyebab penyakitnya. Adapun beberapa ciri-ciri yang biasa dirasakan, yaitu:

  • Sesak napas
  • Batuk bisa berdahak ataupun kering
  • Bersin-bersin
  • Demam
  • Mengeluarkan suara saat bernapas (mengi)
  • Mudah merasa lelah
  • Nyeri dada

Apa saja Jenis Penyakit Pernapasan?

Berikut adalah beberapa jenis penyakit pernapasan yang paling umum untuk ditemukan di masyarakat:

1.Asma
Siapa yang tidak mengenal penyakit asma? Penyakit saluran pernapasan yang satu ini merupakan gangguan sistem pernapasan yang paling umum ditemukan di kalangan masyarakat. Asma dapat menyebabkan gejala berupa kesulitan bernapas atau sesak napas akibat adanya penyempitan saluran udara di saluran pernapasan.

Appointment Center Eka Hospital

2.Bronkitis
Bronkitis merupakan gangguan pernapasan yang terjadi di saluran bronkus atau percabangan saluran napas yang menghubungkan tenggorokan dan paru. Kondisi ini dapat menyebabkan batuk berdahak yang diikuti dengan sesak napas, sakit tenggorokan hingga demam.

3.Pneumonia
Pneumonia atau biasa dikenal dengan istilah radang paru atau paru-paru basah merupakan peradangan yang terjadi di dalam paru, tepatnya di kantong-kantong udara (alveoli). Peradangan ini menyebabkan alveoli terisi cairan sehingga menghasilkan gejala seperti batuk- batuk baik berdahak ataupun kering, sesak napas, nyeri dada, dan demam.

4.Penyakit Paru Obstruktif Kronik (PPOK)
Penyakit paru obstruktif kronik atau PPOK merupakan penyakit paru karena menyempitnya saluran napas sehingga aliran udara terganggu, akibat dari pajanan terhadap zat-zat berbahaya di saluran napas yang berlangsung lama. Kondisi ini juga dapat menyebabkan beberapa komplikasi yang dapat berujung menjadi penyakit pernapasan lainnya seperti bronkitis dan pneumonia. Gejala utamanya adalah sesak napas, mudah lelah dan kondisi ini dapat semakin memberat setiap tahunnya.

5.Tuberkulosis (TBC) Paru
Tuberkulosis atau TBC adalah penyakit pada sistem pernapasan yang disebabkan karena infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Penyakit ini dapat menyerang banyak orang dan menular melalui droplet dari batuk atau bersin. Jika tidak ditangani, penyakit ini dapat menyebabkan gejala seperti demam, batuk berdarah, dan sesak napas.

6.Fibrosis Paru
Fibrosis paru merupakan kondisi dimana jaringan paru mengalami kerusakan permanen akibat dari luka parut progresif dari infeksi paru atau luka akibat faktor lainnya. Kondisi ini dapat membuat paru tidak dapat bekerja dengan baik sehingga timbul gejala seperti sesak napas dan mudah kelelahan.

7.Kanker Paru
Kanker paru cukup banyak  ditemukan dalam kasus penyakit kanker baik di Indonesia maupun dunia. Kanker paru dapat menyebabkan rasa sesak napas, nyeri dada, batuk, hingga tubuh menjadi lemas dan jika tidak ditangani dengan segera dapat menyebabkan kematian.

Apakah Penyakit Pada Sistem Pernapasan Itu Berbahaya?

Beberapa penyakit pada sistem pernapasan biasanya dapat ditangani dengan obat dan beristirahat, namun penyakit saluran pernapasan juga dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika tidak ditangani dengan benar. Jika sudah mencapai tahap serius, penyakit pernapasan harus segera ditangani dengan tindakan medis segera.

Penyakit saluran pernapasan dapat menyerang siapapun, namun anak-anak diketahui lebih rentan untuk terinfeksi penyakit tersebut, terutama jika mereka memiliki kebiasaan mengemut tangan maupun benda asing yang dapat meningkatkan risiko mereka untuk terinfeksi bakteri, virus, dan jamur. 

Bagaimana cara mengobati penyakit saluran pernapasan?

Penyakit saluran pernapasan biasanya dapat sembuh dalam jangka waktu 1-2 minggu, namun ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mempercepat penyembuhan, yaitu:

  • Perbanyak minum air putih
  • Menjaga kebersihan ruangan
  • Perbanyak istirahat
  • Hindari makanan manis, pedas, produk susu, dan makanan cepat saji
  • Hindari paparan asap rokok dan polusi udara

Kapan Harus Menemui Dokter?

Apabila gejala yang Anda rasakan tidak kunjung hilang atau bertambah parah, segera temui dokter untuk mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut. Anda bisa mengunjungi Eka Hospital dan bertemu dengan dokter spesialis paru dan pernapasan untuk mendapatkan penanganan langsung.


Rayakan semarak Imlek bersama Eka Hospital! Dapatkan promo MCU spesial Imlek yang berlangsung hingga 31 Maret 2024. 

Makin bertambah usiamu makin besar potongan harganya. Yuk, lakukan pemeriksaan secara rutin agar perayaan Imlek kali ini kita selalu di kelilingi oleh orang-orang tersayang dalam keadaan sehat. Pesan sekarang juga di 1500-129.
Gong Xi Fa Cai🙌🏻

 

Ditinjau Oleh

dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P

Last Update : 2 Februari 2024

Ditinjau Oleh

dr. Astri Indah Prameswari, Sp.P

Last Update : 2 Februari 2024

Dokter Terkait

dr. Hery Emria, Sp.PD-KGH

Penyakit Dalam : Ginjal & Hipertensi

hospital Eka Hospital Permata Hijau

dr. Albert Sedjahtera, Sp.PD

Penyakit Dalam

hospital RSIA Grand Family & EKA Hospital BSD

dr. Maulana Suryamin, Sp.PD-KGEH

Penyakit Dalam

hospital EKA Hospital Bekasi

Informasi Terkait

Dr. Yulian Widjaja, Sp.PD

Diabetes : Faktor Keturunan Vs Gaya Hidup Tak Sehat

Prof. Dr. dr. Murdani Abdullah, Sp.PD, KGEH, FINASIM, FACG, FASGE

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo