close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

Obat Alergi Anak Yang Alami Dan Mudah Didapatkan

Alergi merupakan respons tubuh terhadap alergen atau penyebab alergi. Kondisi ini terbilang sangat tidak nyaman, khususnya untuk anak-anak. Kondisi alergi pada anak juga bisa membawa kulit ruam, gatal, bersin, hingga masalah pernapasan.

obat alergi anak

Memberikan obat alergi anak merupakan langkah awal dalam mengatasinya. Namun, perlu diketahui juga penyebab yang bisa menyebabkan alergi tersebut. Pasalnya, obat yang diberikan tentunya akan berbeda.

Jenis Alergi yang Biasa Muncul pada Anak

Sekelompok anak bisa alergi akibat banyak hal, mulai dari faktor cuaca hingga benda-benda pembuat alergi. Berikut beberapa jenis alergi yang biasa muncul pada anak-anak:

1. Alergi makanan
 Alergi makanan bisa muncul pada anak di semua usia. Jenis alergi ini membuat anak sulit untuk mengonsumsi beberapa jenis makanan tertentu. Makanan yang mengandung protein paling sering menjadi penyebab alergi pada anak. Sebut saja susu, telur, ikan, kedelai, gandum, dan sejumlah kacang-kacangan. Alergi ini bisa ditandai dengan gatal, mual, hingga muntah, dan sesak napas.

2. Alergi debu
Jenis alergi ini pun cukup banyak dijumpai pada anak-anak. Alergi debu bisa muncul di rumah atau tempat tinggal yang kotor. Gejala alergi yang biasa muncul adalah bersin, hidung tersumbat, mata berair, hingga gatal-gatal, serta sesak napas.

3. Alergi bulu hewan peliharaan
Bulu hewan peliharaan merupakan salah satu jenis alergen untuk anak-anak. Bulu-bulu ini pun bisa tertinggal di sofa, karpet, hingga kasur. Alergi pada bulu hewan peliharaan ini biasanya memunculkan bersin dan gatal-gatal. Namun, tidak sedikit juga kasus alergi bulu hewan peliharaan yang memiliki gejala sesak napas yang cukup parah.

4. Alergi gigitan serangga
Anak-anak yang sering bermain di luar ruangan, khususnya taman atau kebun. Serangga bisa membuat anak juga mengeluarkan gejala alergi. Gigitan serangga bisa menimbulkan kulit ruam kemerahan, bengkak, gatal, dan reaksi anafilaksisdan gatal.

5. Alergi dingin
Ada sebagian anak yang tubuhnya memberikan respons atas dingin yang dirasakan. Respons dingin ini kadang membuat kulit ruam, bengkak, dan gatal. Tidak sedikit juga anak alergi dingin yang kemudian menjadi bersin-bersin.

6. Alergi bahan kimia
Bahan kimia ini bisa dijumpai di deterjen atau pewangi pakaian yang dipakai untuk mencuci baju anak. Alergi yang bisa muncul adalah ruam dan gatal pada kulit.

Kapan Anak Alergi Perlu Dibawa ke Dokter?

Penangan alergi pada anak pada dasarnya bisa dilakukan sendiri di rumah. Memberikan obat-obatan alami di atas sebenarnya sudah bisa membantu meredakan gejala alergi yang muncul. Di samping itu, orang tua juga harus menjauhkan anak-anak dari penyebab alergi sehingga gejala yang muncul tidak terlalu sering.

Namun, gejala alergi bisa bertambah parah hingga berlangsung lama. Saat itu terjadi, ada baiknya segera membawa anak ke dokter untuk ditangani secara tepat. Dokter akan mendiagnosis penyebab alergi dan memberikan obat yang tepat jika diperlukan.

Dokter Terkait

dr. Ekawaty Yasinta Yohana Larope, Sp.A-KAI

Anak

hospital EKA Hospital BSD

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo