close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

Penanganan Batu Ginjal Tanpa Operasi Menggunakan ESWL

ESWL

Batu ginjal adalah pengendapan mineral atau garam dalam urin yang mengkristal dan membentuk “batu” di ginjal. Umumnya, batu ginjal sering dikaitkan dengan kurang minum karena saat tubuh terdehidrasi, mineral dan garam yang harusnya terbuang melalui urine akan mengendap.

Seseorang dengan aktivitas yang tinggi seringkali mengalami dehidrasi, terlebih saat harus tetap beraktivitas di tengah bulan puasa. Gejala yang biasanya dialami oleh pengidap batu ginjal adalah nyeri di pinggang yang hilang timbul, selalu ingin buang air kecil, hingga kencing berdarah pada kasus tertentu.

Lantas, bagaimana jika seseorang sudah terlanjur mengidap batu ginjal?

dr. Widi Atmoko, Sp.U yang merupakan Dokter Spesialis Urologi Eka Hospital Bekasi mengungkapkan, “Extracorporeal shock wave lithotripsy (ESWL) adalah salah satu tindakan penanganan awal pada pasien batu ginjal dengan cara memecah batu yang mengendap diginjal menjadi pecahan yang halus agar mudah dikeluarkan oleh tubuh bersamaan dengan urine.

Pemecahan batu ginjal ini dilakukan dengan teknologi gelombang kejut. ESWL merupakan tindakan penanganan batu ginjal yang aman karena dilakukan tanos (tanpa operasi) dan sayatan, serta tanpa memasukkan alat dan materi apapun ke dalam tubuh. Sebelum ESWL dilakukan, pasien akan menjalani pemeriksaan radiologi serta diberi obat penahan nyeri.”

Paket ESWL

Eka Hospital Bekasi menyediakan layanan ESWL dengan penanganan yang komprehensif dari dokter spesialis. Tersedia dari Senin-Sabtu seharga Rp 7.990.000, treatment ini sudah mencakup jasa konsultasi dokter, kamar one day care, serta obat dan alat-alat kesehatan selama menjalani treatment.

Calon pasien dapat melakukan Appointment Center Eka Hospital di 1-500-129 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital

Metode Tanos (tanpa operasi) merupakan solusi yang dihadirkan Eka Hospital bagi pasien yang memerlukan penanganan batu ginjal tanpa proses pembedahan dan sayatan. Keuntungan lainnya adalah harga yang terjangkau serta menghemat waktu karena pasien bisa langsung pulang setelah melakukan ESWL. Dengan demikian, pasien tidak perlu merasa khawatir untuk memeriksakan diri dan menjalani prosedur pengobatan jika mengalami batu ginjal.

Baca Juga:


Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait masalah kesehatan di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan Appointment Center Eka Hospital di 1-500-129 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital

Dokter Terkait

dr. Dyandra Parikesit, BMedSc., Sp.U, FICS

Urologi

hospital EKA Hospital BSD

dr. Gideon F.P Tampubolon, Sp.U

Urologi

hospital Eka Hospital Permata Hijau

dr. Andry Giovanny, Sp.U

Urologi

hospital EKA Hospital Bekasi

Artikel Terkait

Eka Hospital Hadirkan Layanan Terpadu Batu Ginjal

Gejala Penyakit Ginjal, Penyebab dan Cara Mengobatinya

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo