close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Penyebab Sakit Perut Sebelah Kanan Dan Cara Mengatasinya

Sakit Perut Sebelah Kanan

Sakit perut sebelah kanan bisa menjadi gejala adanya penyakit atau kondisi tertentu. Nyeri yang dirasakan di daerah yang berbeda dapat mengindikasikan organ yang berbeda. 

Perut sendiri terdiri dari banyak organ yang berbeda, mulai dari hati, kantong empedu, pankreas, usus kecil hingga usus besar. Makanya dibagi menjadi empat kuadran perut yakni kuadran kanan atas, kuadran kanan bawah, kuadran kiri atas dan kuadran kiri bawah.

Tujuan pembagian ini agar tenaga medis dapat dengan mudah mengacu pada kuadran ini saat menggambarkan rasa sakit atau cedera pada pasien.

Perut sebelah kanan yang dibagi lagi menjadi kuadran kanan atas dan kuadran kanan bawah. Perut bagian kanan atas adalah tempatnya hati, kantung empedu dan saluran empedu. Ada juga ginjal kanan dan bagian pertama usus halus dan besar. 

Sementara itu, perut bagian kanan bawah tempat untuk sebagian besar usus halus dan usus besar. Nyeri yang dirasakan kemungkinan berhubungan dengan usus buntu.

Berikut ini kondisi dan penyakit penyebab sakit perut sebelah kanan yang umum terjadi:

1. Kram menstruasi

Kram dan nyeri mungkin dirasakan sebagian besar perempuan yang menstruasi. Kondisi nyeri kram ini dialami selama atau sesaat sebelum menstruasi. Hal ini terjadi akibat pelepasan senyawa prostaglandin. Zat mirip hormon ini mengontraksikan otot-otot di dalam rahim sehingga menimbulkan rasa sakit.

Cara mengatasi kram dan nyeri haid ini bisa dengan kompres panas yakni menggunakan botol berisi air panas dan diselimuti kain lalu tempelkan ke atas perut. Suhu panas bisa meredakan rasa nyeri tersebut. Selain itu juga bisa dengan mandi air hangat dan memijat bagian perut bagian bawah dengan perlahan memakai pola melingkar.

2. Hepatitis

Hepatitis adalah kerusakan pada hati akibat peradangan sehingga organ vital yang harusnya bisa memproses nutrisi, menyaring darah dan melawan infeksi, tidak berfungsi lagi. Salah satu gejalanya adalah sakit perut sebelah kanan atas.

Selain sakit pertu sebelah kanan, penyakit ini biasanya disertai gejala lain seperti : demam, kelelahan, kehilangan nafsu makan, mual, muntah, urin berwarna gelap, feses pucat seperti dempul, nyeri sendi dan penyakit kuning. Namun beberapa kasus hepatitis tidak menimbulkan gejala.i.

Kondisi ini bisa disebabkan oleh penggunaan alkohol berat, racun, obat-obatan dan kondisi medis tertentu. Atau bisa juga disebabkan virus seperti  hepatitis A , hepatitis B , dan hepatitis C.

Salah satu cara mengobatinya dengan obat-obatan antivirus seperti entecavir, tenofovir, lamivudine, adefovir, dan telbivudine. Jenis obat-obatan antivirus itu bisa melawan virus penyebab hepatitis dan memperlambat virus untuk merusak hati.

3. Batu empedu

Batu empedu atau kolelitiasis adalah kumpulan bahan cairan empedu yang mengeras yang berkembang di kantong empedu. Batu empedu ini bisa berbentuk sekecil butiran pasir atau sebesar bola pingpong. Sebagian besar tidak menimbulkan masalah, tetapi dapat menyebabkan masalah jika lepas dan masuk ke saluran empedu. 

Gejala yang paling sering terjadi adalah sakit perut di sebelah kanan atas yang terjadi selama satu atau beberapa jam. Gejala ini biasanya terjadi  setelah makan berat.. Gejala lain yang menyertai adalah mual dan muntah.

Cara mengatasi batu empedu dalam kebanyakan kasus tidak membutuhkan pengobatan. Tetapi jika batu empedu menyebabkan masalah karena menyumbat saluran bisa diobati dengan obat-obatan yang akan melarutkan batu empedu yang kecil. Namun jika sudah parah kemungkinan prosedur pengangkatan kantong empedu seluruhnya bisa dilakukan. Prosedur bedah ini bisa dengan teknik endoskopi atau laparoskopi yang minum sayatan.

4. Kanker saluran empedu (Cholangiocarcinoma)

Kanker saluran empedu termasuk bentuk kanker yang langka. Sering menyerang kelompok usia paruh baya. Sel kankernya bisa menyebar ke luar saluran empedu pada saat didiagnosis. Kanker ini sulit diobati dan kemungkinan sembuhnya kecil.

Perawatannya biasanya membutuhkan kombinasi prosedur medis seperti operasi, kemoterapi atau terapi radiasi.

Gejala yang muncul selain sakit perut sebelah kanan yakni urin gelap, demam, kulit gatal, mual muntah, dan penurunan berat badan.

5. Kanker hati

Penyebab sakit perut sebelah kanan yang paling mematikan adalah kanker hati. Kanker yang menyerang hati ini mengancam jiwa dan menjadi jenis kanker yang tumbuh paling cepat. 

Kanker hati bisa bisa terjadi saat sel sel kanker terbentuk dari hati itu sendiri, atau kanker yang terpapar dari organ lain sehingga menyebar ke hati. Kondisi yang kedua lebih umum terjadi.

Gejala kanker hati selain sakit perut sebelah kanan biasanya disertai gejala lain seperti kehilangan selera makan, penurunan berat badan, mual, muntah, kelelahan, pembengkakan perut, pPerubahan warna kuning pada kulit dan bagian putih mata, serta feses berwarna putih dan berkapur.

Pengobatan kanker hati bergantung pada stadium penyakit, usia dan kondisi secara umum pasien. Namun beberapa metode pengobatannya antara lain kemoterapi, prosedur operasi, menggunakan suhu panas untuk menghancurkan sel kanker, terapi radiasi, atau terapi target.

6. Radang usus buntu (apendisitis)

Apendisitis adalah usus buntu yang meradang. Usus buntu sendiri adalah organ kecil berbentuk tabung yang melekat pada usus besar. 

Radang usus buntu bisa menyebabkan nyeri akut di perut kanan bagian bawah. Penyebabnya bisa karena feses yang bergerak melalui usus besar menyumbat atau menginfeksi usus buntu yang menyebabkan peradangan. Peradangan menyebabkan usus buntu membengkak hingga bisa pecah.

Radang usus buntu ini bisa sembuh sendiri saat penyebabnya hilang. Namun tidak boleh menganggap hal ini ringan ketika rasa sakitnya sudah berkurang. Sementara itu, perawatan standar radang usus buntu ini dengan antibiotik hingga operasi.

7. Batu ginjal

Gejala umum batu ginjal adalah nyeri perut sebelah kanan. Rasa nyerinya terjadi begitu intens dan parah. Biasanya muncul mendadak pada perut atau pinggang bagian kanan kemudian menjalar hingga ke pangkal paha. Rasa sakitnya bisa bervariasi karena tergantung pada besarnya batu di ginjal. Gejala yang menyertai adalah mual, muntah dan kram.

Perawatan yang diperlukan biasanya dengan obat-obatan dan pembedahan.

8. Kista ovarium

Gejala yang muncul dari kista ovarium adalah sakit perut sebelah kanan yang menjalar ke pangkal paha. 

Kista ovarium adalah kantung berisi cairan yang berada di ovarium. Ovarium sendiri adalah organ kecil di panggul yang menahan sel telur dan membuat hormon, seperti estrogen dan progesteron.

Ada berbagai jenis kista ovarium, sebagian besar tidak menimbulkan rasa sakit dan tidak berbahaya (jinak). Biasanya, kista ovarium tidak menimbulkan gejala.

Jarang, kista ovarium dapat menyebabkan komplikasi. Pemeriksaan panggul secara teratur dan konsultasi tentang gejala apa pun yang mungkin dialami dapat membantu mencegah masalah kista ini.

9. Kehamilan ektopik

Kehamilan ektopik juga bisa menyebabkan sakit perut sebelah kanan. Kehamilan ini terjadi di luar rahim. Ini karena sel telur yang dibuahi tidak menempel pada rahim, melainkan melekat di luar rahim seperti di tuba falopi. Selain sakit perut, gejala lain yang muncul adalah perdarahan.

Kehamilan ektopik adalah kondisi yang mengancam jiwa yang membutuhkan perawatan darurat.

Cara meredakan sakit perut sebelah kanan

Tingkat keparahan nyeri didasarkan pada durasi, lokasi, dan intensitasnya. Nyeri perut kanan bawah yang tiba-tiba dan parah memerlukan diagnosis lebih lanjut dari dokter untuk perawatan yang tepat. Obat pereda nyeri, antibiotik, atau operasi mungkin diperlukan untuk meredakan nyeri dan mencegah komplikasi.

Penyebab nyeri perut kanan bawah yang kurang serius dapat diperbaiki dengan langkah berikut:

  • Minum air putih yang cukup
  • Hindari makanan padat selama beberapa jam setelah muncul rasa sakit
  • Cobalah antasida untuk meredakan nyeri yang terjadi setelah makan.

Kapan harus ke dokter?

Konsultasikan dengan dokter jika gejala sakit perut sebelah kanan semakin parah dalam beberapa hari dan disertai gejala berikut: 

  • Demam
  • Sakit perut yang hilang namun kambuh lagi
  • Masalah pencernaan seperti mual, diare, atau muntah yang tidak hilang setelah beberapa hari
  • Buang air kecil lebih sedikit atau lebih sering dan terasa seperti terbakar
  • Penurunan berat badan.

Keluhan sakit perut sebelah kanan bisa dikonsultasikan dengan dokter-dokter spesialis di Eka Hospital. Di sini memiliki pusat kesehatan saluran pencernaan dan endoskopi bernama DIVINE (Digestive Intervention & Endoscopy Center). 

Pusat Kesehatan Saluran Pencernaan & Endoskopi (DIVINE) Eka Hospital

DIVINE Eka Hospital dipimpin oleh Prof.DR.dr.H.Murdani Abdullah, FACG, Sp.PD, KGEH yang merupakan ahli pencernaan dan endoskopi yang telah mengantongi sejumlah penghargaan dari dalam dan luar negeri.

Di pusat kesehatan satu ini sudah dilengkapi teknologi kapsul endoskopi hingga endoskopi tingkat lanjut yang canggih, serta dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi-hepatologi (Sp.PD-KGEH) yang sudah berpengalaman. Sehingga berbagai penyakit pada saluran pencernaan seperti radang lambung, GERD, radang usus besar hingga batu saluran empedu, bisa ditangani.

Prosedur endoskopi yang ditawarkan juga dapat digunakan untuk pemeriksaan awal kanker pada saluran pencernaan, pengangkatan tumor kecil tanpa operasi dan pengangkatan batu saluran empedu tanpa operasi.


Rayakan semarak Imlek bersama Eka Hospital! Dapatkan promo MCU spesial Imlek yang berlangsung hingga 31 Maret 2024. 

Makin bertambah usiamu makin besar potongan harganya. Yuk, lakukan pemeriksaan secara rutin agar perayaan Imlek kali ini kita selalu di kelilingi oleh orang-orang tersayang dalam keadaan sehat. Pesan sekarang juga di 1500-129.
Gong Xi Fa Cai🙌🏻

  • Medline Plus. https://medlineplus.gov/ency/imagepages/19578.htm
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/symptoms/4167-abdominal-pain
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Verrywell Health. https://www.verywellhealth.com/lower-right-abdomen-pain-7098828
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • CDC. https://www.cdc.gov/hepatitis/abc/index.htm
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/7313-gallstones
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/21524-cholangiocarcinoma
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/liver-cancer/symptoms-causes/syc-20353659
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/8095-appendicitis
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/15604-kidney-stones
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9133-ovarian-cysts
    Diakses pada 18 Agustus 2023
  • Cleveland Clinic. https://my.clevelandclinic.org/health/diseases/9687-ectopic-pregnancy
    Diakses pada 18 Agustus 2023

Informasi Terkait

Endoskopi Ultrasound (EUS) Sebagai Prosedur Invasif Minimal Mengevaluasi Penyakit di Rongga Perut dan Dada

Perpaduan Endoskopi dan Ultrasonografi Guna Permudah Diagnosis Penyakit Dalam

Mengenal Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Gastroenterologi Hepatologi

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo