close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

6 Makanan Untuk Penderita Jantung Koroner

Jantung adalah salah satu organ vital yang memiliki peran penting dalam kesehatan manusia. Ini dikarenakan jantung merupakan organ yang bertugas untuk memompa darah ke seluruh tubuh setelah mendapatkan asupan oksigen dari paru-paru. Dalam keadaan sehat, jantung Anda akan berdetak dengan normal dan Anda bisa melakukan aktivitas dengan normal.

Namun seiring berjalannya umur Anda, jantung bisa saja mengalami penurunan kualitas. Meski ada banyak faktor, tidak dipungkiri bahwa makanan merupakan salah satu faktor yang bisa memperburuk fungsi jantung. Jantung yang telah mengalami penurunan fungsi tentu tidak akan bekerja secara optimal.

Makanan untuk penderita jantung koroner

Penyakit jantung koroner diketahui sebagai salah satu penyebab kematian yang paling tinggi di Indonesia. Hal ini didukung oleh data dari Kemenkes per tahun 2020 yang mencatat kematian disebabkan oleh penyakit jantung koroner telah mencapai 1,25 juta jiwa dari total keseluruhan penduduk Indonesia.

BACA JUGA : Apakah Kolesterol dapat menyebabkan  Penyakit Jantung Koroner?

Itulah mengapa untuk Anda yang telah menderita penyakit jantung koroner, atau Anda yang ingin meminimalkan risiko penyakit jantung koroner, menjaga pola makan adalah salah satu hal yang tidak bisa dianggap sepele. Ini dikarenakan pola makan yang tidak sehat dapat memicu terjadinya penyempitan pembuluh darah, yang merupakan awal mula dari penyakit jantung koroner.

Makanan-Makanan Penyebab Jantung Koroner

Kerap tak disadari, makanan penyebab jantung koroner sebenarnya telah bersebaran bahkan di makanan yang tidak Anda sadari. Makanan-makanan tersebut bisa saja menyebabkan penyakit jantung koroner jika dikonsumsi terlalu sering karena dapat menyebabkan plak pada pembuluh darah dan akan menebal dalam seiring waktu dan menyebabkan penyempitan.

Appointment Center Eka Hospital

Makanan dengan kandungan garam, gula, dan lemak yang tinggi diketahui merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan penyakit jantung koroner. Oleh karena itu, sebaiknya kita mengurangi atau membatasi konsumsinya. 

Beberapa makanan tersebut yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner yang paling umum yaitu:

  • Daging merah
  • Daging olahan (sosis, nugget, dll)
  • Mentega/Margarin
  • Mie instan
  • Nasi putih
  • Es krim
  • Makanan cepat saji
  • Gorengan
  • Minuman beralkohol

Hindari Risiko Penyakit Jantung Koroner dengan Makanan Berikut!

Berikut adalah 6 makanan sehat untuk penyakit jantung koroner! Selain untuk penderita jantung koroner, makanan ini juga bisa dikonsumsi bagi Anda yang masih sehat untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung koroner:

1.Ikan tuna dan salmon
Salah satu kandungan makanan yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung koroner adalah omega-3, yang bisa ditemukan pada ikan tuna dan ikan salmon. Omega-3 merupakan lemak baik atau lemak tak jenuh yang dapat melancarkan aliran darah sehingga menurunkan risiko untuk terkena penyakit jantung koroner.

2.Sayur-sayuran
Sayuran juga menjadi pilihan Anda untuk mengatasi masalah jantung koroner. Beberapa sayuran seperti bayam, sawi, dan brokoli memiliki kadar serat dan antioksidan yang tinggi sehingga baik untuk mengurangi risiko Anda dalam penyakit jantung koroner.

3.Buah-buahan
Selain sayur-sayuran, buah-buahan juga memiliki kadar serat dan antioksidan yang baik untuk kesehatan jantung. Beberapa buah yang baik untuk kesehatan jantung yaitu apel, anggur, tomat, dan jeruk.

4.Gandum
Alternatif dari beras putih sebagai sumber karbohidrat yang baik untuk jantung yaitu gandum. Olahan makanan dari gandum seperti roti gandum bisa menurunkan risiko penyakit jantung koroner karena memiliki serat serta vitamin E yang baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

5.Kacang-kacangan
Beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang tanah, almond, kacang hitam, kedelai, dan hazelnut merupakan sumber lemak baik atau lemak tak jenuh yang berguna untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. 

6.Protein rendah lemak
Protein merupakan salah satu zat yang dibutuhkan tubuh untuk proses produksi enzim dan memperbaiki sel. Namun beberapa protein diketahui memiliki kandungan lemak yang tinggi seperti daging merah. Oleh karena itu, protein dengan lemak seperti daging ayam, produk susu, hingga putih telur bisa jadi pilihan alternatif dalam memenuhi asupan protein Anda.

Itulah beberapa makanan yang yang bisa dikonsumsi untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner. Mari kita turunkan risiko penyakit jantung koroner dengan merencanakan gaya hidup sehat dari sekarang.

MyCardia merupakan pusat layanan jantung dan pembuluh darah dari Eka Hospital. Kami menawarkan serangkaian program dalam melawan berbagai masalah jantung didampingi oleh dokter spesialis, mulai dari pemasangan pacu jantung, bedah katup jantung, intervensi jantung, hingga teknologi terbaru yaitu Ablasi Beku (Cryoablation) yang dapat membuat tindakan ablasi aritmia jantung lebih efektif dan lebih cepat.


Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait masalah kesehatan di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan Appointment Center Eka Hospital di 1-500-129 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital

Eka Hospital App juga telah hadir untuk memudahkan proses pengobatan Anda, dapatkan sekarang disini.

Eka Hospital App

Ditinjau Oleh

dr. Sanny March Silaban, Sp.JP

Last Update : 30 Agustus 2023

Ditinjau Oleh

dr. Sanny March Silaban, Sp.JP

Last Update : 30 Agustus 2023

Dokter Terkait

dr. Taofan, Sp.JP (K), FIHA, FICA, FAsCC, FSCAI

Jantung & Pembuluh Darah

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Daniel Parningotan L. Tobing, Sp. JP (K), FIHA, FICA, FAPSC, FAPSIC, FESC, FSCAI

Jantung & Pembuluh Darah

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Haryadi, Sp.JP (K) FIHA

Kardiologi Intervensi

hospital EKA Hospital Pekanbaru

Informasi Terkait

Mengulik Gagal Jantung Usia Muda, Benarkah Bisa Terjadi?

Apa Itu Cryoablation Sebagai Teknologi Terkini untuk Gangguan Irama Jantung Atrial Fibrillasi

Gangguan Irama Jantung (Aritmia) Pada Kehamilan, Bukan Tanpa Solusi!

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo