close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

7 Pilihan Makanan Penyubur Kandungan Supaya Cepat Hamil

makanan penyubur kandungan

Bagi para perempuan, memiliki janin yang sehat akan meningkatkan potensi untuk hamil. Anda bisa memilih makanan penyubur kandungan yang terbukti memiliki kandungan nutrisi yang dibutuhkan. Bukan hanya meningkatkan kesuburan, makanan-makanan ini juga bisa menjaga kesehatan Anda untuk mempersiapkan masa-masa kehamilan nanti.

Sejumlah makanan sebenarnya sangat mudah didapatkan bahkan harganya tergolong terjangkau. Cobalah untuk mengombinasikan makanan-makanan tersebut supaya mendapatkan nutrisi yang lengkap. Variasi makanan ini pun membuat Anda tidak cepat bosan.

Pilihan Makanan Penyubur Kandungan

Cek dan catat rekomendasi makanan yang bisa membantu kandungan Anda bisa lebih subur untuk meningkatkan potensi kehamilan di bawah ini!

1. Sayuran hijau
Berbagai jenis sayuran ini sangat disarankan untuk dikonsumsi oleh semua orang, terlebih untuk Anda yang sedang menjalani program kehamilan. Pasalnya, sayuran hijau mengandung antioksidan, asam folat, dan zat besi yang baik untuk kesehatan kandungan. Anda bisa memilih bayam, sawi hijau, kangkung, dan brokoli untuk disantap setiap hari.

BACA JUGA : Mengenal Fetomaternal atau Dokter Kandungan untuk Ibu Hamil Berisiko Tinggi

Bukan hanya perempuan, sayuran hijau pun sangat disarankan dikonsumsi oleh para pria. Pasalnya, kandungan antioksidan akan meningkatkan kualitas sperma pria.

2. Buah yang mengandung vitamin C
Saat disebut buah yang mengandung vitamin C, pilihan pertama pasti akan jatuh kepada jeruk. Buah yang satu ini diyakini sebagai salah satu buah dengan nutrisi yang sangat kaya. Anda bisa mendapatkan vitamin C, kalium, kalsium, dan folat yang mampu menyuburkan kandungan.

Selain jeruk, Anda pun bisa memilih mangga, stroberi, kiwi, dan tomat yang juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Anda bisa mengonsumsi secara langsung atau membuat jus buah.

3. Alpukat
Buah alpukat juga menjadi salah satu makanan yang disarankan untuk dikonsumsi oleh para perempuan. Pasalnya, alpukat memiliki kandungan lemak yang baik untuk menyuburkan kandungan. Di samping itu, buah dengan daging berwarna kuning kehijauan ini punya kandungan vitamin K, asam folat, dan kalium yang sangat tinggi.

Cara mengonsumsi alpukat pun bisa sangat beragam. Anda bisa melembutkannya untuk dimakan bersama dengan roti. Alpukat pun bisa menjadi campuran oatmeal dan salad untuk membantu menyehatkan pencernaan.

4. Produk olahan susu
Susu sudah menjadi bahan makanan yang dipercaya mampu menunjang kesehatan. Begitu juga dengan produk olahan susu dengan lemak yang tinggi. Pasalnya, susu dengan lemak tinggi mengandung berbagai macam vitamin, mulai dari vitamin A, D, E, K, dan K2.

Anda bisa memilih produk olahan susu berlemak tinggi seperti es krim, cream cheese, dan produk keju. Sebuah penelitian dari Harvard menyebutkan, perempuan yang mengonsumsi produk olahan susu berlemak tinggi memiliki potensi untuk lebih cepat hamil.

5. Ikan berlemak
Ikan punya peran penting untuk meningkatkan kesuburan kandungan. Pasalnya, sejumlah jenis ikan memiliki kandungan protein yang sangat tinggi. Lebih baik lagi, Anda mengonsumsi ikan berlemak karena mengandung asam amino dan asam lemak omega-3 yang mendukung kesuburan janin dan perkembangan otak.

Jenis ikan berlemak bisa dipilih mulai dari ikan salmon, tuna, mekerel, dan sarden. Konsumsi setidaknya dua kali seminggu untuk mendapatkan kadar nutrisi yang tepat.

6. Kacang-kacangan
Protein juga bisa didapatkan dari berbagai jenis kacang. Di samping itu, kacang-kacangan juga sangat tinggi serat dan asam lemak omega-3 yang cukup tinggi. Nutrisi ini juga dibutuhkan oleh para perempuan untuk memulai diet sehat sekaligus meningkatkan kesuburan kandungan.

Kacang-kacangan bisa dikonsumsi di sela-sela waktu makan sebagai camilan sehat. Anda pun bisa mencampurkan berbagai jenis kacang dalam menu oatmeal untuk sarapan.

7. Madu
Jenis makanan lain yang dipercaya untuk menyuburkan kandungan adalah madu. Bahan makanan ini mengandung asam amino yang baik untuk kesehatan tubuh dan kandungan. Di samping itu, madu juga memiliki rasa manis yang alami dan taman untuk tubuh jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup.

Anda bisa mencampur madu dengan banyak makanan untuk mendapatkan khasiatnya. Madu bisa ditambahkan ke menu sarapan, seperti oatmeal, pancake, dan roti.
Aktivitas untuk Menyuburkan Kandungan

Mengonsumsi makanan dengan nutrisi bisa dibilang belum lengkap tanpa diikuti oleh pola hidup sehat. Anda juga perlu melakukan berolahraga secara rutin. Aktivitas fisik ini akan membantu meningkatkan kesehatan sekaligus menyuburkan kandungan.

Di samping itu, tubuh Anda pun harus mendapatkan istirahat yang cukup. Bukan hanya istirahat badan, Anda pun perlu mengistirahatkan pikiran dan mengelola stres dengan baik. Jangan lupa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan saran medis yang tepat untuk mempercepat kehamilan.

  • Verywell Family https://www.verywellfamily.com/fertility-foods-recipes-1959903
    Diakses pada 12 Oktober 2022
  • Healthline https://www.healthline.com/nutrition/16-fertility-tips-to-get-pregnant
    Diakses pada 12 Oktober 2022
  • Parents https://www.parents.com/getting-pregnant/fertility/what-to-eat-to-get-pregnant/
    Diakses pada 12 Oktober 2022

Dokter Terkait

dr. Yasmina Ismail, Sp.OG

Kandungan & Kebidanan

hospital Eka Hospital Permata Hijau

dr. Rendy Indraprana, Sp.OG

Kandungan & Kebidanan

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Purnawan Senoaji, Sp.OG, K (Fetomaternal)

Kandungan & Kebidanan

hospital EKA Hospital Cibubur

Informasi Terkait

Bisa Bantu Cepat Hamil, Apa Itu Inseminasi?

Mengatasi Aritmia, Penyakit Gangguan Irama Jantung pada Kehamilan

Dr. Renny Lestari Avriyani, Sp.OG

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo