close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

Eka Hospital Dukung Kampanye World Patient Safety Day

Tanggal 17 September 2019 menjadi peringatan Hari Keselamatan Pasien Sedunia (World Patient Safety Day) yang pertama kali dicanangkan oleh World Health Organization (WHO). Kampanye global yang mengusung tema “Speak Up for Patient Safety” ini bertujuan untuk menciptakan kesadaran akan keselamatan pasien dan mendorong untuk menunjukkan komitmen dalam mewujudkan layanan kesehatan yang lebih aman.

Eka Hospital secara serentak – baik di Eka Hospital BSD dan Eka Hospital Pekanbaru menunjukkan komitmennya terhadap keselamatan pasien lewat serangkaian acara dan campaign yang berlangsung mulai tanggal 17 September hingga 24 September 2019. Kegiatan kampanye World Patient Safety Day yang dilaksanakan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran terkait keselamatan pasien baik oleh dokter, perawat maupun petugas kesehatan lain, bahkan lebih jauh lagi, hingga terbentuknya budaya keselamatan pasien, dimana semua staf dengan sadar dalam melakukan perawatan pasien menerapkan kaidah-kaidah keselamatan pasien. Hal ini sejalan dengan misi Eka Hospital yang pertama yaitu mengutamakan keselamatan dan kenyamanan pasien.  

Kick Off kegiatan campaign World Patient Safety Day yang berlangsung di Eka Hospital BSD pada hari Selasa (17/9)

Penyerahan Patient Safety Award oleh Direktur Rumah Sakit Eka BSD, dr. Meta Dewi Thedja, M. Biomed., Ph.D.

“Eka Hospital yang telah 11 tahun melayani masyarakat selalu berupaya mengedepankan dan menjadikan patient safety sebagai basis atau dasar pelaksanaan kegiatan pelayanan kesehatannya sehari-hari, dan tentunya seluruh staf sangat bersemangat untuk mendukung program WHO ini. Hari ini adalah bentuk kepedulian dan komitmen dari Eka Hospital baik top management hingga semua karyawan, bahwa kita semua peduli pada keselamatan pasien dalam setiap kegiatan yang kita lakukan, baik kegiatan kecil maupun besar,” ungkap Direktur Rumah Sakit Eka BSD, dr. Meta Dewi Thedja, M. Biomed., Ph.D.

Eka Hospital dalam pelayanannya juga berkomitmen untuk menerapkan 6 sasaran keselamatan pasien yang menjadi bagian dari International Patient Safety Goal antara lain dengan mengidentifikasi pasien dengan tepat, meningkatkan komunikasi efektif, meningkatkan kewaspadaan terhadap obat “high alert”, memastikan 3 benar pada prosedur operasi (benar lokasi, benar prosedur, benar pasien), mengurangi risiko penyebaran infeksi terkait pelayanan kesehatan, serta mengurangi risiko bahaya akibat pasien jatuh.

Kegiatan campaign World Patient Safety Day yang berlangsung di Eka Hospital Pekanbaru (17/9) dengan komitmen untuk menerapkan 6 sasaran keselamatan pasien 

Sesuai dengan tema campaign “Speak Up for Patient Safety”, Eka Hospital mengajak partisipasi dari pasien dan para dokter serta staf pendukung lainnya untuk lebih aktif dalam memperhatikan keselamatan pasien. Sebagai pasien, hal ini dapat diwujudkan dengan menyampaikan informasi kesehatan yang benar dan lengkap kepada dokter saat berkonsultasi, dan turut berpartisipasi aktif dalam proses perawatannya. Sebagai dokter atau tenaga kesehatan lainnya, Eka Hospital mengingatkan kembali kepada para dokter untuk melibatkan pasien dalam proses perawatan mereka, melakukan komunikasi secara efektif dengan sesama tenaga kesehatan lainnya yang bekerja sebagai tim dalam perawatan pasien, serta selalu mendiskusikan dan mengkomunikasikan dengan tim dan pasien terkait “progress” perawatan dan pengobatan.

Rangkaian acara yang dilakukan Eka Hospital dalam mendukung kampanye World Patient Safety Day ini antara lain adalah Kick Off dan penyerahan Patient Safety Award, penandatanganan komitmen keselamatan pasien (Patient Safety Commitment Banner) oleh jajaran direksi Eka Hospital, para dokter dan tenaga kesehatan lainnya, dibukanya counter “Patient Safety Corner” di area lobi Eka Hospital dimana pasien, pengunjung dan petugas rumah sakit bisa mendapatkan informasi lengkap tentang keselamatan pasien. Selain itu, Eka Hospital juga mengadakan Patient Safety Round, Patient Safety Mini Discussion yang berlangsung dari tanggal 17 September sampai tanggal 20 September 2019, serta Lomba Poster/Karikatur/Vlog dengan tema patient safety yang diperuntukkan bagi karyawan Eka Hospital.

Penandatanganan komitmen keselamatan pasien (Patient Safety Commitment Banner) oleh Direktur Rumah Sakit Eka Pekanbaru, dr. Martin Susanto (atas). Penandatanganan komitmen keselamatan pasien ini juga turut diramaikan oleh karyawan dan tenaga kesehatan lainnya di Eka Hospital BSD (bawah)

 

Artikel Terkait

Topping Off Eka Hospital Cibubur dan Eka Hospital Bekasi

Eka Hospital Pekanbaru Luncurkan Child Development Center (CDC)

Eka Hospital Pekanbaru Berhasil Kumpulkan 2.244 Kantong Darah

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo