close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Artikel Kesehatan

Jenis Imunisasi Pada Anak Yang Wajib Diketahui Orangtua

Jenis Imunisasi Anak

Bayi baru lahir memiliki sistem kekebalan tubuh yang belum matang sehingga sangat berisiko terkena infeksi virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu. Makanya sangat dianjurkan agar bayi diberikan imunisasi.

Imunisasi adalah pemberian vaksin untuk menciptakan sistem kekebalan tubuh terhadap penyakit tertentu. Vaksin adalah virus atau bakteri penyebab penyakit tertentu yang dimatikan atau dilemahkan.

Fungsi vaksin untuk membangun antibodi yang melindungi mereka dari tertular penyakit tertentu jika terkena penyakit yang sebenarnya.

Manfaat imunisasi pada anak

Vaksin telah teruji dapat menurunkan angka kematian anak secara signifikan. 

Imunisasi tidak hanya melindungi anak dari penyakit mematikan namun juga menjaga anak-anak tetap aman dengan menghilangkan atau mengurangi penyakit berbahaya yang biasa menyebar.

Selain melindungi anak-anak, imunisasi secara umum dapat melindungi kesehatan seluruh masyarakat. Ketika sudah banyak orang yang mendapatkan vaksin akan lebih sulit penyakit tersebut untuk menyebar dan menular kepada mereka yang belum diimunisasi.

Jenis imunisasi pada anak

Berikut ini jenis imunisasi pada anak dan jadwal pemberian vaksinnya:

1. Vaksin Hepatitis B

Vaksin hepatitis B dikenal sebagai vaksin anti kanker pertama yang mencegah hepatitis B, penyebab utama kanker hati di seluruh dunia. Vaksin ini untuk perlindungan seumur hidup terhadap penyakit hati kronis yang dapat dicegah.

Vaksin hepatitis B diberikan pertama kali setelah bayi baru lahir sebelum 24 jam. Namun jika berat badan bayi kurang dari 2000 gram bisa ditunda sampai usia 1 bulan. Vaksin ini selanjutnya diberikan pada usia 2, 3 dan 4 bulan.

2. Vaksin Polio

Polio adalah penyakit yang disebabkan virus polio yang menyebar dari orang ke orang dan menginfeksi sumsum tulang belakang sehingga menyebabkan kelumpuhan hingga kematian.

Polio tidak dapat disembuhkan namun dapat dicegah dengan vaksin yang aman dan efektif. Jenis vaksin polio adalah Inactivated polio vaccine (IPV) yang disuntikkan di lengan atau kaki. Jenis lain juga ada vaksin polio tetes atau Oral polio vaccine (OPV) yang diberikan melalui mulut.

Vaksin polio tetes diberikan sebanyak 4 kali yakni saat baru lahir dan usia 2,3,4 bulan. Sementara vaksin IPV diberikan 1 kali pada usia 4 bulan. Biasanya disuntikkan di bagian otot paha bayi.

3. Vaksin BCG

Vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin) diberikan untuk melindungi dari tuberkulosis atau TBC. Yakni sebuah infeksi serius yang menyerang paru-paru dan terkadang bagian tubuh lainnya, seperti otak (meningitis), tulang, persendian, dan ginjal.

Vaksin BCG diberikan pada bayi yang baru lahir atau sebelum berusia 1 bulan dengan disuntikkan ke dalam jaringan kulit pada lengan atas. Biasanya akan menyebabkan bengkak atau bekas luka kecil yang tidak bahaya.

4. Vaksin DPT

Vaksin DPT untuk mencegah difteri, pertusis, dan tetanus. Difteri dan pertusis menular dari orang ke orang. Tetanus masuk ke dalam tubuh melalui luka. 

  • Difteri: Penyakit yang menyebabkan kesulitan bernapas, gagal jantung, kelumpuhan, atau kematian.
  • Tetanus: Penyakit yang menyebabkan kekakuan otot yang menyakitkan. Tetanus dapat menyebabkan masalah kesehatan serius, termasuk tidak dapat membuka mulut, kesulitan menelan dan bernapas, bahkan berujung kematian.
  • Pertusis atau batuk rejan: Penyakit yang menyebabkan batuk hebat tidak terkendali sehingga membuat sulit bernapas, makan, atau minum. Pertusis bisa menjadi sangat serius terutama pada bayi dan anak kecil, menyebabkan pneumonia, kejang, kerusakan otak, atau kematian.

Vaksin DPT diberikan pada bayi usia 2,3 dan 4 bulan dengan jeda pemberian 1 bulan.

5. Vaksin PCV

Vaksin PCV akan melindungi dari penyakit pneumokokus disebabkan oleh bakteri yang disebut Streptococcus pneumoniae. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi pada paru-paru (pneumonia), telinga tengah (otitis media), selaput otak (meningitis), dan darah (bakteremia).

Vaksin PCV diberikan pertama pada usia 2 bulan, kemudian 4 bulan, 6 bulan dan booster pada usia 12-15 bulan. 

6. Vaksin MMR

Vaksin MMR untuk mencegah penyakit campak, gondok, dan rubella.

  • Campak: Penyakit yang menyebabkan demam, ruam, batuk, pilek, dan mata merah dan berair. Komplikasi dapat berupa infeksi telinga, diare, pneumonia, kerusakan otak, dan kematian.
  • Gondongan: Penyakit yang menyebabkan demam, sakit kepala, nyeri otot, kelelahan, kehilangan nafsu makan, dan pembengkakan kelenjar ludah. Komplikasi dapat berupa pembengkakan pada testis atau ovarium, tuli, radang otak dan/atau jaringan yang menutupi otak dan sumsum tulang belakang (ensefalitis/meningitis).
  • Rubella: Penyakit yang menyebabkan demam, sakit tenggorokan, ruam, sakit kepala, dan mata merah dan gatal. Jika seorang wanita tertular rubella saat dia hamil, dia bisa mengalami keguguran, atau bayinya bisa lahir dengan cacat lahir yang serius.

Vaksin MR disuntikkan pada usia 9 bulan, dosis kedua umur 15-18 bulan, dosis ketiga umur 5-7 tahun. Bila sampai usia 12 bulan belum mendapat MR dapat diberikan MMR mulai usia 12–15 bulan, dosis kedua 5–7 tahun. 

7. Vaksin rotavirus

Vaksin rotavirus untuk mencegah virus yang menyebabkan diare parah, muntah-muntah, demam, dan sakit perut. Anak-anak yang mengalami rotavirus dapat mengganggu tumbuh kembang anak. 

Vaksin ini diberikan di usia 6 atau 8 bulan dengan dosis dua kali.

8. Tambahan vaksin lain

  • Vaksin hepatitis A dan tifoid: Pencegahan risiko penyakit hepatitis A pada anak.
  • Vaksin tifoid:  Pencegahan risiko penyakit tipes pada anak.
  • Vaksin varisela: Pencegahan infeksi virus varicella-zoster penyebab penyakit cacar air.
  • Vaksin influenza: Pencegahan terhadap ISPA akibat virus influenza
  • Vaksin HPV (human papillomavirus): Pencegahan terhadap infeksi HPV yang menyebabkan kanker serviks.
  • Vaksin JE: Pencegahan infeksi virus japanese encephalitis penyebab penyakit radang otak.

Bahaya menunda atau tidak memberikan imunisasi pada anak

Anda mungkin khawatir akan terjadi efek samping dari imunisasi pada anak. seperti demam dan nyeri pada bagian tubuh yang disuntik. Namun tidak semua jenis imunisasi memberikan efek samping seperti itu.

Yang perlu diingat risiko efek samping lebih kecil dibandingkan risiko terkena penyakit berbahaya jika tidak divaksin.

Jika tidak divaksin sistem kekebalan tubuh anak akan lebih rentan terkena penyakit, mereka bisa sakit parah atau bahkan meninggal karena penyakit seperti campak, polio, dan batuk rejan. 

Ancaman kematian akibat penyakit bukanlah satu-satunya konsekuensi medis dari melewatkan imunisasi.

Ibu hamil yang tidak mendapatkan vaksin dapat rentan terhadap penyakit yang dapat mempersulit kehamilannya. Anak tanpa vaksin juga akan membahayakan orang lain jika jatuh sakit karena menjadi bagian kelompok yang sistem kekebalannya lemah.

Anda yang membutuhkan imunisasi pada anak bisa membawanya ke RSIA Family dan Grand Family Hospital. Terdapat pelayanan untuk anak-anak yang berkualitas dengan dokter-dokter yang berpengalaman, profesional serta ramah.

Poliklinik Anak RSIA Family dan Grand Family Hospital

Poliklinik anak ini menyediakan pelayanan kesehatan berkualitas dengan dokter-dokter yang berpengalaman, profesional serta ramah.

Untuk menyenangkan anak-anak saat berobat, ruang poliklinik didesain khusus dengan melukis tokoh kartun pada dinding koridor serta tempat bermain di ruang tunggu. Ada juga ruang menyusui dan ruang ganti bayi di klinik.

Penyakit yang ditangani di poliklinik anak family hospitals antara lain:

  • Gangguan alergi dan imunologi
  • Gangguan pulmonologi seperti asma dan pneumonia
  • Gangguan saluran kemih dan ginjal seperti infeksi saluran kemih dan hidronefrosis
  • Gangguan gastrointestinal seperti diare, konstipasi, Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan Typhoid Fever
  • Gangguan neurologi seperti epilepsi dan kejang demam.

Sementara itu pelayanan yang diberikan di poliklinik anak family hospitals sebagai berikut:

  • Diagnosis dan Tatalaksana Kesehatan Dasar
  • Imunisasi Dasar dan Booster
  • Asesmen Pertumbuhan dan Perkembangan
  • Children’s Dentistry by Radental
  • Nefrologi Anak
  • Neurologi Anak 
  • Gastrologi Anak
  • Neonatologi

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait proses inseminasi, di RSIA Family dan Grand Family Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan Appointment Center di 1-500-129 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital.

Eka Hospital App juga telah hadir untuk memudahkan proses pengobatan Anda, dapatkan sekarang disini.

Eka Hospital App

  • Kids Health. https://kidshealth.org/en/parents/vaccine.html
    Diakses pada 30 September 2023
  • Stanford Medicine Children's Health. https://www.stanfordchildrens.org/en/topic/default?id=why-childhood-immunizations-are-important-1-4510
    Diakses pada 30 September 2023
  • NHS Inform. https://www.nhsinform.scot/healthy-living/immunisation/why-immunise/benefits-of-immunisation
    Diakses pada 30 September 2023

Dokter Terkait

dr. Estrella Debby Leo, Sp.A

Anak

hospital RSIA Family

dr. Arief Gunadi, Sp.A

Anak

hospital RSIA Family

dr. Betty Agustina Sihaloho, Sp.A

Anak

hospital EKA Hospital Bekasi

Artikel Terkait

Gangguan Tumbuh Kembang Anak: Ciri-ciri, Dampak hingga Cara Penanganannya

Demam Tifoid pada anak: Apa yang Perlu Diketahui dan Diwaspadai Orangtua

Tanda-Tanda dan Cara Mengatasi Infeksi Pencernaan pada Anak

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo