close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Prosedur Tindakan Bedah Urologi: Dari Transplantasi Ginjal Hingga Vasektomi

Urologi adalah ilmu kedokteran yang fokus mengatasi gangguan pada sistem saluran kemih dan sistem reproduksi. Cakupan urologi bahkan sampai menangani masalah kemandulan, kanker pada saluran kandung kemih, ginjal hingga sistem saraf pada saluran kandung kemih dan saluran reproduksi.

bedah urologi

Dokter yang menangani adalah dokter spesialis urologi. Mereka yang sudah bergelar dokter umum harus menempuh pendidikan untuk mendapatkan gelar sebagai spesialis urologi setidaknya 5 tahun.

Ahli urologi tidak hanya menangani permasalahan sistem salurah kemih dan sistem reproduksi pada pria dan wanita dewasa, mereka juga mengatasi permasalahan urologi pada anak-anak.

BACA JUGA : 8 Cara Mengatasi Infeksi Saluran Kemih: Dari yang Alami hingga Obat-obatan

Setidaknya ada tujuh bagian subspesialisasi yang menjadi ruang lingkup urologi, antara lain:

  1. Urologi wanita : Fokus mengatasi sistem saluran kemih dan sistem reproduksi wanita.
  2. Urologi anak : Fokus mengatasi sistem saluran kemih dan sistem reproduksi anak-anak yang dianggap terlalu kompleks permasalahannya oleh dokter anak.
  3. Infertilitas pria : Segala permasalahan dan gangguan kesuburan pria yang menyebabkan sulit memiliki keturunan. Penyebabnya bisa karena gangguan hormon sampai kelainan organ reproduksi pria.
  4. Onkologi urologi (kanker urologi) : Mengatasi berbagai masalah kanker yang tumbuh pada sistem saluran kemih dan saluran reproduksi.
  5. Transplantasi ginjal : Tindakan operasi pencangkokan ginjal dengan ginjal baru karena mengalami gagal ginjal sebelumnya.
  6. Batu saluran kemih (calculi) : Munculnya batu yang terbuat dari garam dan mineral dalam urine yang mengendap di saluran kemih baik di ginjal, ureter dan uretra.
  7. Neurourology : Kontrol sistem saraf organ genitourinari (saluran kemih dan reproduksi).

Jenis penyakit dan kondisi yang membutuhkan tindakan bedah urologi

Dalam pengobatan penyakit pada sistem saluran kemih dan sistem reproduksi, dokter spesialis urologi melakukan tindakan operasi. Berikut ini prosedur tindakan dan penyakit yang ditangani:

1. Penyakit ginjal - Transplantasi ginjal

Penyakit ginjal adalah kerusakan pada ginjal sehingga tidak berfungsi menyaring darah dalam tubuh. Saat ginjal sudah sampai tahap gagal ginjal makan memerlukan tindakan bedah yakni transplantasi ginjal atau pencangkokan/penggantian ginjal lama dengan yang baru.

2. Kanker ginjal - Nefrektomi

Nefrektomi adalah prosedur pembedahan/operasi untuk mengangkat sebagian atau seluruh ginjal. Umumnya dilakukan pada penderita kanker ginjal.

3. Penyakit kandung kemih - Kistektomi

Ada banyak jenis penyakit kandung kemih, antara lain inkontinensia, sistitis dan kanker pada kandung kemih.

  • Inkontinensia adalah kerusakan sistem saluran kemih yang menyebabkan hilangnya kontrol kandung kemih. Bisanya pada wanita diakibatkan melemahnya otot dasar panggul selama kehamilan.
  • Sistitis (Interstitial cystitis) adalah penyakit kronis yang menyebabkan peradangan dan nyeri di kandung kemih.
  • Kanker kandung kemih adalah kanker yang muncul di kandung kemih yang biasanya ditandai dengan urin berdarah.

Salah satu untuk mengobati penyakit pada kandung kemih adalah kistektomi. Kistektomi merupakan prosedur operasi untuk mengangkat kandung kemih baik secara keseluruhan (radikal) atau sebagian.

4. Gangguan prostat - Prostatektomi

Gangguan prostat adalah kelenjar prostat pada sistem reproduksi pria mengalami pembesaran membuat saluran kemih yang diselubungi prostat menjadi terganggu.

Prostatektomi adalah tindakan bedah pengangkatan seluruh atau sebagian kelenjar prostat untuk mengobati permasalahan di atas.

5. Batu ginjal - Ureteroskopi

Batu ginjal terjadi karena ada pengendapan zat kimia dalam urine sehingga membentuk seperti batu. Kondisi ini menyebabkan rasa nyeri, pendarahan dan penyumbatan saluran kemih. 

Ureteroskopi adalah tindakan operasi untuk mengangkat batu di ginjal dan ureter dengan menggunakan alat khusus.

6. Vasektomi

Tindakan medis ini merupakan salah satu bentuk untuk kontrasepsi pria. Prosedurnya dengan cara operasi kecil atau bedah minor untuk mencegah aliran sperma pada testis dan penis.

7. Reseksi prostat transurethral dan ablasi jarum transuretral

Prosedur ini dengan tindakan medis untuk mengeluarkan jaringan berlebih dari prostat yang membesar.

Tindakan bedah urologi seperti di atas bisa dilakukan dokter spesialis urologi terbaik yang dimiliki Eka Hospital. Terlebih, Eka Hospital juga memiliki program unggulan sebagai pusat urologi, ginjal dan vitalitas dengan nama Urology and Couple Clinic.

Urology and Couple Clinic Eka Hospital

Urology and Couple Clinic Eka Hospital merupakan pusat layanan untuk mengatasi beberapa masalah sistem saluran kemih hingga reproduksi pria. Pusat ini dipimpin oleh Prof. Dr. dr. Akmal Taher, SpU(K), Ph.D sebagai ahli urologi sekaligus perintis ilmu uro-andrologi modern.

Disebut juga sebagai pusat urologi, ginjal dan vitalitas, layanan ini menangani berbagai masalah kesehatan seperti infeksi saluran kemih, batu ginjal, disfungsi efeksi, pembesaran kelenjar dan kanker prostat, kanker kandung kemih, vasektomi hingga perbaikan pada saluran kandung kemih dan saluran reproduksi pria, gangguan ereksi, gangguan bentuk alat vital, gangguan ejakulasi, vaginismus, menopause, andropause hingga gangguan orgasme.

Berikut ini layanan yang tersedia di Urology and Couple Clinic, antara lain:

Disfungsi ereksi:

  • Rigiscan
  • ESWT
  • Vacuum erection device
  • Injeksi intrakavernosa
  • Prostesis penis
  • Terapi fisik dan olahraga pada gangguan ereksi maupun diabetes mellitus/hiperlipidemia.

Prosedur lain yang juga akan dilakukan di Men’s Health and Couple Clinic, antara lain:

  • Rekonstruksi kelainan bentuk penis
  • Infertilitas
  • Sperm retrieval procedure (PESA, MESA, TESE, biopsi testis)
  • Mikroligasi varikokel
  • Terapi pasangan
  • Terapi hormonal pada andropause
  • Terapi kegel dan rekonstruksi ginekologi
  • Psikoterapi
  • Pemeriksaan neurografi
  • Diagnostik radiologi kasus disfungsi seksual pria
  • Rekonstruksi kelainan penis

Batu ginjal:

  • Extracorporeal Shock Wave Lithotripsy
  • Percutaneous Nephrolithonomy

Layanan lainnya:

  • Mengatasi trauma dan rekonstruksi
  • Mengobati tumor dan keganasan
  • Transsurethral resection of the prostate
  • Biopsi prostat
  • Pengobatan infeksi saluran kemih.

Sementara itu, untuk dokter spesialis urologi terbaik yang dimiliki Eka Hospital di antaranya:

1. dr. Dyandra Parikesit, BMedSc., Sp.U, FICS
dr. Dyandra Parikesit, BMedSc., Sp.U, FICS adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital BSD.  Beliau mendapatkan gelar dokter umum, spesialis  di Universitas Indonesia.

2. dr. Syamsu Hudaya, Sp.U (K)
dr. Syamsu Hudaya, Sp.U (K) adalah Dokter Spesialis Bedah Urologi di Eka Hospital BSD. Beliau memiliki ketertarikan pada bidang Urologic Oncology (Testis Cancer, Penis Cancer, Kidney Cancer, Urinary Bladder Cancer, Prostate Cancer) dan Laparoscopic Urologic Surgery. Beliau mendapatkan gelar dokter umum, spesialis dan konsultannya di Universitas Indonesia.

3. dr. Fina Widia, Sp.U (K)
dr. Fina Widia, Sp.U (K) adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital BSD. Beliau berpengalaman menangani masalah vitalitas pria seperti gangguan ereksi dan vaginismus pada wanita. Beliau mendapatkan gelar dokter spesialisnya di Universitas Indonesia.

4. dr. Taufik Rakhman Taher, Sp.U
dr. Taufik Rakhman Taher, Sp.U adalah  Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital BSD. Beliau mendapatkan gelar spesialis bedah urologi di Universitas Indonesia.

5. dr. Widi Atmoko, Sp.U (K)
dr. Widi Atmoko, Sp.U (K) adalah Dokter Spesialis Urologi dan Konsultan Andrologi Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau berpengalaman menangani permasalahan pada organ reproduksi dari disfungsi ereksi hingga batu ginjal, dan sistem urin. Beliau gelar spesialis urologi di Universitas Indonesia.

6. dr. Regi Septian, M.Kes., Sp.U
dr. Regi Septian, M.Kes., Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau menangani masalah kesehatan pada saluran kemih seperti batu ginjal, nyeri buang air kecil, dan kemandulan pada pria wanita. Beliau memiliki latar belakang pendidikan sebagai dokter umum, ahli gizi medik dan spesialis urologi dari Universitas Padjajaran Bandung.

7. dr. Andry Giovanny, Sp.U
dr. Andry Giovanny, Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Bekasi. Beliau memberikan layanan sebelum pembedahan saluran kemih. Beliau menempuh pendidikan spesialisnya di Universitas Indonesia. Kini menjadi anggota di organisasi Ikatan Ahli Urologi Indonesia (IAUI).

8. dr. Gampo Alam Irdam, Sp.U (K)
dr. Gampo Alam Irdam, Sp.U (K) adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Cibubur. Beliau berpengalaman dalam melakukan tindakan memperbaiki kelainan bentuk hingga koreksi penis tanpa operasi, dan melakukan operasi prostat dan kandung kemih dengan minim sayatan. Beliau mendapatkan gelar spesialis urologi di Universitas Indonesia.

9. dr. Andre Dasta Chrishbeth Sinulingga, Sp. U
dr. Andre Dasta Chrishbeth Sinulingga, Sp. U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Cibubur. 

10. dr. Nugroho Budi Utomo, Sp.U
dr. Nugroho Budi Utomo, Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Cibubur. Beliau mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Indonesia.

11. dr. Muhammad Adan Yashar, Sp.U
dr. Muhammad Adan Yashar, Sp.U adalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Pekanbaru. Beliau mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Padjadjaran.

12. dr. Aria Utama Nurqhohari, Sp. U
dr. Aria Utama Nurqhohari, Sp. U dalah Dokter Spesialis Urologi di Eka Hospital Pekanbaru. Beliau mendapatkan gelar spesialisnya di Universitas Gadjah Mada.

Appointment Center Eka Hospital


Untuk menemui dokter-dokter terbaik Eka Hospital di atas, Anda bisa kunjungi Eka Hospital yang tersebar di beberapa daerah seperti BSD City, Cibubur, Bekasi dan Pekanbaru.

Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait masalah kesehatan di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan Appointment Center Eka Hospital di 1-500-129 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital

  • Healthline. https://www.healthline.com/health/what-is-a-urologist#urologist
    Diakses pada 22 November 2022
  • WebMD. https://www.webmd.com/a-to-z-guides/urologists-what-do-they-do
    Diakses pada 22 November 2022
  • Urology Care Foundation. https://www.urologyhealth.org/urologic-conditions/what-is-urology
    Diakses pada 22 November 2022

Dokter Terkait

dr. Gideon F.P Tampubolon, Sp.U

Urologi

hospital Eka Hospital Permata Hijau

dr. Andry Giovanny, Sp.U

Urologi

hospital EKA Hospital Bekasi

dr. Donny Eka Putra, Sp.U (K)

Trauma dan Rekonstruksi Urologi

hospital EKA Hospital BSD

Informasi Terkait

Mengenal Prosedur Vasektomi Pada Pria, Kontrasepsi Pria yang 100 Persen Lebih Efektif Cegah Kehamilan

Dr. Syamsu Hudaya, Sp.U (K)

Atasi Batu Ginjal Tanpa Operasi Dengan Metode ESWL

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo