close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Buat Appointment
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Olahraga Ringan Di Kantor Juga Bisa!

Kesibukan sehari- hari bagi pekerja kantor membuat tidak tersedianya waktu untuk melakukan olahraga. Padahal, melakukan olahraga ringan dikantor memiliki berbagai keuntungan dan menjaga stamina tubuh. Apalagi, duduk terlalu lama dapat membuat otot tegang, sehingga dapat mengakibatkan nyeri pada bagian otot tertentu seperti leher dan punggung. Jika berlangsung dalam waktu lama, kebiasaaan ini dapat mengganggu kesehatan dan pekerjaan kita. Untuk mengatasinya, lakukan olahraga ringan sambil duduk atau berdiri di area meja kerja.

Beberapa alternatif gerakan yang dapat dilakukan adalah:

Warming Up (Pemanasan)

Caranya sambil duduk di kursi, lakukan peregangan pada jemari, kemudian buatlah gerakan melingkar pada pergelangan tangan dan kaki, dilanjutkan peregangan otot leher dengan menariknya ke arah dada secara perlahan.

Side Neck Stretches (Peregangan Leher Samping)

Latihan ini berfungsi untuk meregangkan otot leher dan menghindari nyeri leher akibat duduk tegak. Miringkan leher ke arah pundak secara perlahan, dan tahan selama 10 detik. Lakukan dengan posisi tubuh tegak.

Shoulder Shrug (Angkat bahu)

Bahu merupakan daerah yang sering mengalami nyeri saat melakukan aktivitas. Contoh gerakan untuk mencegah nyeri bahu adalah duduk tegak, angkat pundak ke arah atas hingga mendekati telinga , tahan selama tiga sampai lima detik, turunkan kembali pundak ke posisi normal, ulangi tiga sampai empat kali.

Chair Sit To Stand (Duduk dan Berdiri)

Ini contoh olahraga yang mudah dilakuakan di kantor. Berdiri dengan tegak, kemudian duduk, dan berdiri lagi. Lakukan gerakan ini selama lima menit lalu istirahat satu menit dan lakukan gerakan yang sama sebanyak tiga hingga lima kali. Gerakan ini baik untuk melatih keseimbangan tubuh.

Swimming Excercise (Gerakan seperti Berenang)

Gerakan latihan ini sama dengan gerakan pada sat berenang. Dengan posisi duduk, gerakan tangan seperti melakukan renang dengan gaya dada atau gaya punggung.

Back Side – Stretch (Peregangan Tulang Belakang)

Latihan ini dapat membantu mengurangi rasa pegal di bagian punggung akibat terlalu lama duduk. Caranya, duduk tegak lalu angkat kedua tangan lurus keatas dengan kedua telapak tangan saling berkaitan. Miringkan tubuh ke arah kiri dan kanan secara perlahan untuk melakukan peregangan otot bagian punggung

Informasi Terkait

Tips Menghadapi Kabut Asap

Jus atau Buah Potong?

Tips Jangan Sampai Kena Diabetes

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

  • Aplikasi & Web SehatQ
    Buat janji melalui

    Aplikasi & Web SehatQ

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

logo