close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Bumil Harus Tau! Kenali Metode Operasi ERACS Untuk Pemulihan Melahirkan Lebih Cepat

Hi, moms! Kalau mendengar operasi caesar pasti proses serta masa pemulihan yang lama akan terlintas dipikiran kita, namun itu semua sekarang sudah terpangkas. Kini, proses pemulihan dari persalinan caesar bisa dilakukan dengan lebih cepat dan efektif melalui metode operasi Enhanced Recovery After Cesarean Surgery (ERACS).

Biasanya, bunda yang telah menjalani proses persalinan harus beristirahat di dalam ranjang dan tidak diperbolehkan bergerak terlalu banyak selama 12-24 jam. Hal ini dilakukan karena biasanya proses caesar membutuhkan waktu pemulihan yang lama. 

eracs

Namun dengan kehadiran metode ERACS, kini Anda tak perlu khawatir untuk proses pemulihan yang lama, karena metode ERACS menawarkan banyak kelebihan. Apa saja kelebihannya? Simak selengkapnya disini.

Apa itu Metode Operasi ERACS

Metode operasi ERACS diambil dari ERAS yang merupakan Enhanced Recovery After Surgery sebagai bentuk pendekatan yang dituju untuk meminimalkan respons fisiologis dan rasa sakit selama masa operasi. Metode ERACS adalah metode yang dihadirkan untuk mempercepat proses penyembuhan pasien bedah jalan pada saat, sebelum, saat, dan setelah melahirkan.

BACA JUGA : Bisa Bantu Cepat Hamil, Apa Itu Inseminasi?

Pelaksanaan metode ERACS dapat memungkinkan Anda untuk bisa melakukan pergerakan dengan bebas lebih cepat dan bisa pulang dengan buah hati lebih cepat. Metode ini menggunakan serangkaian teknik pembiusan juga pemberian obat pereda nyeri dan kumpulan dokter spesialis dalam membantu Anda untuk bisa merasa pulih lebih cepat.

Apa Saja Kelebihan Dari Operasi ERACS?

Tidak seperti operasi caesar lainnya, operasi ERACS dirancang untuk meningkatkan kenyamanan para bunda dalam proses operasinya mulai dari sebelum hingga sesudah melahirkan. Selain dapat meredakan rasa nyeri, metode ERACS juga dapat memberikan kelebihan sebagai berikut:

  • Mempersingkat waktu puasa

Metode ERACS dapat mempersingkat waktu berpuasa Anda sebelum memulai proses operasi. Anda hanya perlu melakukan puasa makan selama 6 jam dan puasa minum selama 2 jam sebelum proses operasi dilakukan. Dengan itu, kenyamanan Anda untuk menikmati makanan ataupun cemilan bisa dilakukan dengan lebih lama.

  • Dapat bergerak bebas lebih cepat

Operasi ERACS juga memungkinkan Anda untuk bisa bergerak dan kembali beraktivitas lebih cepat ketimbang dengan metode caesar lainnya. Ini dikarenakan pelepasan obat infus dan kateter bisa dilepas lebih cepat, dan Anda juga bisa langsung mencoba menyusui si kecil.

  • Mengurangi risiko pasca operasi

ERACS juga dapat menurunkan risiko yang bisa terjadi pasca operasi, seperti infeksi, kelelahan, mual, dan sembelit. Dengan begitu, Anda bisa langsung bermain dengan buah hati tanpa harus merasakan sakit.

Bagaimana Proses Persiapan dan Prosedur Operasi ERACS?

Dalam proses pelaksanaan ERACS, dokter akan menyiapkan serangkaian hal yang harus dilakukan mulai dari persiapan hingga proses pelaksanaan operasi ERACS. Sebelum memulai proses persalinan, dokter akan meminta Anda sebagai pasien untuk berpuasa makan selama 6 jam sebelum operasi dimulai.

eracs

Namun menjelang 2 jam sebelum proses operasi, dokter akan meminta Anda untuk meminum cairan/minuman mengandung gula untuk memenuhi kebutuhan sumber energi pada saat operasi berjalan nanti.

Kemudian dokter anestesi akan memilih jenis obat anestesi yang dirasa diperlukan untuk mempercepat pemulihan pasien, serta melakukan anestesi dengan suntikan jarum spinal yang berukuran sangat kecil sehingga pasien tidak terlalu merasakan nyeri selama proses anestesi, baik pada saat dan pasca operasi.

Setelah dokter anestesi selesai memberikan obat bius, dokter kandungan akan segera melakukan proses persalinan dengan optimal dan cepat sehingga bunda tidak akan merasakan rasa tidak nyaman terlalu lama. Dokter anestesi juga akan ikut mengawasi proses pasca operasi persalinan untuk melihat perkembangan dan respon pasien sehingga proses pemulihan akan dipastikan menjadi lebih singkat.

Proses ERACS dirancang untuk mewujudkan impian para bunda secepatnya untuk bisa menimang si buah hati. Jika Anda sedang dalam masa mengandung dan tertarik untuk melakukan persalinan dengan metode ERACS, jangan ragu untuk konsultasikan diri Anda ke Eka Hospital. Selain itu, Anda juga akan mendapatkan penanganan persalinan dengan metode terkini dengan bantuan serangkaian dokter spesialis.


Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait masalah kesehatan di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau buat janji konsultasi dengan dokter via booking dokter Eka Hospital.

Ditinjau Oleh

dr. Dewi Ratih Hendarto Putri, Sp.OG, MSi.Med

Last Update : 26 Februari 2024

Ditinjau Oleh

dr. Dewi Ratih Hendarto Putri, Sp.OG, MSi.Med

Last Update : 26 Februari 2024

Dokter Terkait

dr. Caroline, Sp.OG

Kandungan & Kebidanan

hospital EKA Hospital Bekasi

dr. Tri Karyadi, Sp.OG

Kandungan & Kebidanan

hospital EKA Hospital Cibubur

dr. Herti Marni, Sp.OG

Kandungan & Kebidanan

hospital EKA Hospital Pekanbaru

Informasi Terkait

5 Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Metode Kalender untuk Meraih Kehamilan

Normal atau Caesar?

Dr. Reza Tigor Manurung, Sp.OG (K) FM

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo