close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Benarkah Stres Pekerjaan Bisa Picu GERD?

Stres timbul dan terjadi dari perubahan juga rasa khawatir yang cenderung berdampak bagi psikis dan fisik seseorang. Masalah dalam pekerjaan, rumah tangga atau sekolah bisa saja menjadi salah satu pemicu rasa stress dan bisa dialami siapa saja tak terkecuali anak kecil sekalipun.

Tanpa Anda sadari, stres tidak hanya dapat mengganggu produktivitas Anda saat bekerja saja, karena stres juga bisa menyebabkan banyak masalah kesehatan lainnya. Namun salah satunya yang seringkali menyerang orang adalah GERD atau Gastroesophageal Reflux Disease.

GERD karena Stres Kerja

GERD merupakan penyakit pencernaan dimana asam lambung mengalir secara terus menerus kembali ke dalam saluran kerongkongan atau esofagus. Anda mungkin langsung mengasosiasikan penyakit GERD dengan makanan atau minuman yang Anda konsumsi, tapi GERD sebenarnya juga dapat dipengaruhi pada stres yang mungkin Anda rasakan dari tekanan beban pada pikiran. Bagaimana itu bisa terjadi?

Apa Hubungan Stres dengan GERD?

Pernahkah Anda tiba-tiba merasakan rasa sakit perih pada bagian perut hingga dada ketika sedang bekerja? Itu bisa saja tanda dari penyakit GERD yang dipicu karena stres yang Anda alami.

Stres diketahui dapat memperburuk gejala serta risiko ketika Anda mengalami GERD. Ketika kondisi stress datang, tubuh tidak dapat memproduksi zat prostaglandin yang dapat melindungi saluran pencernaan dari efek asam lambung yang terus diproduksi. Jika itu terjadi, maka tubuh akan rentan merasakan rasa sakit pada saluran pencernaan.

Selain itu, stres juga dapat dapat menyebabkan kelelahan yang dimana itu akan meningkatkan risiko Anda mengalami penurunan fungsi tubuh dan menyebabkan beberapa masalah kesehatan, termasuk pada asam lambung.

Apakah Stres Jadi Penyebab Utama GERD?

Meski dapat memperburuk gejalanya, stres bukanlah satu-satunya penyebab dari penyakit ini. GERD memiliki banyak faktor risiko yang dapat membuat Anda lebih rentan untuk terkena penyakit ini, yaitu:

Tekanan berlebihan pada perut, hal ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti obesitas, wanita hamil, hingga kebiasaan makan terburu-buru atau porsi terlalu banyak.
Pola makan tidak sehat, diketahui juga dapat menyebabkan GERD. Beberapa makanan dan minuman seperti makanan pedas, produk susu, kafein, hingga makanan tinggi lemak dapat meningkatkan produksi asam lambung.
Konsumsi obat-obatan tertentu, seperti obat darah tinggi, alergi, obat penghilang rasa sakit, dan obat penenang.

Bagaimana Cara Mengatasinya?

Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan risiko GERD karena stres. Selain menerapkan gaya hidup sehat, mengelola stres bisa Anda lakukan untuk menurunkan risikonya. Semakin baik Anda dalam menghadapi stres, maka semakin ringan juga efek yang akan dihasilkan.

Beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengelola dan meredakan stres:

  • Mengambil napas dalam dan stretching
  • Mengurangi waktu di depan elektronik
  • Berolahraga dengan rutin
  • Mengelola pikiran
  • Luangkan waktu untuk me-time
  • Menghabiskan waktu dengan teman dan keluarga
  • Mengikuti program diet sehat

Selain itu, hindari juga faktor-faktor yang dapat meningkatkan risiko Anda dalam GERD seperti mengurangi konsumsi makanan pedas, kafein, makanan berlemak, dan produk susu terlalu sering.

DIVINE (Digestive Intervention & Endoscopy Center)

DIVINE EKA HOSPITAL

Anda bisa mengunjungi DIVINE (Digestive Intervention & Endoscopy Center) dari Eka Hospital dalam menangani GERD yang Anda alami. DIVINE merupakan pusat kesehatan saluran pencernaan yang telah dilengkapi dengan teknologi endoskopi terkemuka untuk menangani masalah terkait pencernaan, termasuk GERD.

Tak hanya itu, DIVINE juga telah dilengkapi dengan serangkaian dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi-hepatologi yang sudah berpengalaman dalam menangani berbagai penyakit pada saluran pencernaan seperti radang lambung, GERD, radang usus besar hingga batu saluran empedu.


Jika Anda membutuhkan konsultasi terkait masalah infeksi saluran kemih di Eka Hospital bisa buat janji melalui layanan WhatsApp Eka Hospital 0-8888-90-5555 atau melalui halaman booking dokter website Eka Hospital. 

Eka Hospital App juga telah hadir untuk memudahkan proses pengobatan Anda, dapatkan sekarang disini.

Eka Hospital App

Ditinjau Oleh

Dr. dr. Nella Suhuyanly, Sp.PD-KGEH (Konsultan Gastroentero Hepatologi)

Last Update : 30 Agustus 2023

  • Healthline - Can Stress Cause Acid Reflux? https://www.healthline.com/health/gerd/stress#What-can-you-do?
    Diakses pada 9 Januari 2023
  • Healthline - Everything You Need to Know About Acid Reflux and GERD https://www.healthline.com/health/gerd#treatment-options
    Diakses pada 9 Januari 2023
  • Mayo Clinic - Gastroesophageal reflux disease (GERD) https://www.mayoclinic.org/diseases-conditions/gerd/symptoms-causes/syc-20361940#:~:text=Retry-,Causes,to%20flow%20into%20your%20stomach
    Diakses pada 9 Januari 2023
  • Medical News Today - Is there a link between GERD and fatigue? https://www.medicalnewstoday.com/articles/322019#_noHeaderPrefixedContent
    Diakses pada 9 Januari 2023

Ditinjau Oleh

Dr. dr. Nella Suhuyanly, Sp.PD-KGEH (Konsultan Gastroentero Hepatologi)

Last Update : 30 Agustus 2023

Informasi Terkait

Obat GERD yang Bisa Bantu Redakan Gejala yang Muncul

Bahaya Asam Lambung Kronis yang Harus Diwaspadai, Kenali Gejala dan Penyebabnya!

Gejala Penyakit Asam Lambung yang Diwaspadai dan Cara Mengatasinya

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo