close

Layanan Lainnya

  • logo
    Cari
    Dokter
  • logo
    Layanan Emergency
  • logo
    Layanan Telepon
  • logo
    Paket Kesehatan
  • logo
    Informasi Rumah Sakit
  • logo
    Pusat Unggulan
  • logo
    Whatsapp Eka Hospital
Better Health

Apakah Memperpanjang Penis Itu Memungkinkan? Begini Fakta Dan Penjelasan Ilmiahnya

memperbesar penis

Ada banyak iklan untuk produk dan prosedur membesarkan atau memperpanjang penis. Seperti sejumlah besar pompa, pil, olahraga, dan operasi mengklaim dapat menambah panjang dan lebar penis seseorang.

Namun, ada sedikit dukungan ilmiah untuk metode non-surgical untuk memperbesar penis. Dan tidak ada organisasi medis terpercaya yang mendukung operasi penis hanya karena alasan kosmetik. Sebagian besar teknik yang diiklankan itu sebenarnya tidak berfungsi. Bahkan beberapa di antaranya malah merusak penis. Berpikir dua kali sebelum mencoba produk atau iklan-iklan yang menjanjikan dapat memperbesar penis lebih dari sebelumnya.

Ukuran penis yang normal dan tidak

Banyak pria berpikir kalau penis terlalu kecil tidak bisa memuaskan pasangannya saat berhubungan seksual. Sehingga memiliki penis kecil membuat mereka tidak percaya diri. Ukuran penis dianggap normal ketika panjangnya 13 cm lebih saat ereksi. Penis dianggap kecil hanya jika ukurannya kurang dari 7,5cm saat ereksi. Ini adalah kondisi yang disebut mikropenis.

Jangan percaya iklan

Banyak perusahaan menawarkan jenis perawatan pembesaran penis nonsurgical. Promosi dalam iklan mereka juga tampak serius sampai menyertakan dukungan dari peneliti ‘ilmiah’. Jika melihat lebih dekat, maka akan melihat bahwa klaim tentang seberapa aman dan seberapa baik kerjanya itu belum terbukti.

BACA JUGA : 7 Terapi Disfungsi Ereksi: Dari yang Paling Populer hingga Jarang Diketahui tapi Ampuh Menyembuhkan

Dan produk ini mungkin mengandung bahan berbahaya yang tidak tercantum di label. Pemasar mengandalkan iklan dengan orang-orang yang merekomendasikan produk. Pemasar juga dapat menggunakan data yang tidak akurat dan dipertanyakan sebelum dan sesudah foto. Suplemen diet tidak memerlukan persetujuan dari Food and Drug Administration Amerika Serikat. Jadi produsen tidak perlu membuktikan seberapa aman suatu produk atau apakah produk itu berfungsi.

Produk pembesar penis

Sebagian besar metode pembesar penis yang diiklankan tidak berhasil malah beberapa bisa menyebabkan kerusakan penis secara permanen. Ini produk-produk dan teknik yang paling banyak dipromosikan untuk membesarkan penis:

  • Pil dan losion: Ini biasanya mengandung vitamin, mineral, herbal, atau hormon yang diklaim produsen memperbesar penis. Tak satupun dari produk ini yang terbukti berhasil dan beberapa mungkin berbahaya.
  • Pompa vakum: Karena pompa menarik darah ke penis, membuatnya membengkak, terkadang digunakan untuk mengobati disfungsi ereksi.
  • Olahraga: Kadang disebut jelqing, olahraga ini menggunakan gerakan tangan untuk mendorong darah dari pangkal ke kepala penis. Meskipun teknik ini tampaknya lebih aman daripada metode lain, tidak ada bukti ilmiah yang membuktikannya. Dan itu dapat menyebabkan pembentukan bekas luka, rasa sakit, dan bahkan cacat.
  • Stretching: Peregangan melibatkan pemasangan alat tandu atau alat pemanjang, juga disebut sebagai alat traksi penis ke penis untuk ketegangan lembut.

Beberapa penelitian kecil telah melaporkan peningkatan panjang satu hingga tiga sentimeter dengan perangkat ini. Namun, aktivitasnya mungkin tidak nyaman. Selain itu, dibutuhkan komitmen minimal empat hingga enam jam sehari selama berbulan-bulan untuk melihat hasilnya.

Pembedahan berisiko dan mungkin tidak berhasil

Studi operasi untuk memanjangkan atau menebalkan penis telah menemukan hasil yang beragam dalam keamanan, apakah itu bekerja (efektivitas) dan kepuasan pasien. Paling-paling operasi dapat memberikan sedikit peningkatan pada ketebalan penis. Pembedahan bisa menambahkan peningkatan panjang pada penis yang tidak ereksi namun itu sama sekali tidak mengubah panjang penis sebenarnya.

Operasi paling buruk bisa mengakibatkan komplikasi seperti infeksi, jaringan parut, hingga hilangnya sensasi atau fungsi penis.

Metode bedah pembesaran penis bukan untuk tujuan kosmetik

Kebutuhan untuk operasi pembesaran penis jarang terjadi. Operasi biasanya diperlukan karena penis bermasalah sejak lahir atau terjadi cedera. Namun beberapa ahli bedah malah menawarkan pembesaran penis kosmetik.

Teknik yang digunakan pun bermacam-macam. Hanya saja pembesaran penis untuk tujuan kosmetik kontroversial karena dianggap oleh banyak ahli tidak perlu bahkan bisa membahayakan. Operasi pembesaran penis belum cukup penelitian untuk memberikan gambaran akurat tentang manfaat dan risikonya.

Contoh operasi yang dilakukan untuk menambah panjang atau ketebalan penis antara lain adalah:

  • Memotong ligamen suspensor: Ini adalah prosedur pembedahan yang paling banyak digunakan untuk memanjangkan penis yang melibatkan pemotongan ligamen suspensori yang menempelkan penis ke tulang kemaluan.
  • Injeksi lemak: Tujuannya untuk membuat penis lebih tebal dengan mengambil lemak dari bagian tubuh yang berdaging kemudian menyuntikkannya ke batang penis.
  • Pencangkokan jaringan: Teknik lain untuk menambah lebar atau panjang adalah dengan pencangkokan jaringan yang melibatkan pengambilan sepotong kulit dan lapisan lemak dari bagian lain di tubuh. Cangkok ini dijahit ke batang penis. Implan penis: Operasi ini melibatkan penempatan bahan di bawah kulit penis agar terlihat lebih tebal.

Risiko dan efek samping pembesaran penis

Risiko intervensi pembesaran penis bervariasi menurut metodenya. Mereka termasuk:

  • Distorsi, pembengkakan, dan infeksi akibat pembedahan
  • Kerusakan pada jaringan penis yang dapat menyebabkan ereksi lebih lemah
  • Kebutuhan untuk mengulangi intervensi untuk menjaga ketebalan, dalam kasus suntikan lemak
  • Peningkatan perhatian dan stres jika orang tersebut tidak melihat perbaikan
  • Membuang-buang uang untuk produk yang tidak berfungsi.

Tips untuk meningkatkan kehidupan seks

Perasaan negatif tentang ukuran penis dapat menghambat kenikmatan seks dan kualitas hidup seseorang. Sebagian besar metode pembesaran penis tidak meningkatkan ukuran penis. Namun, tips di bawah ini membantu mencegah kecemasan atau meningkatkan kehidupan seks seseorang tanpa mengubah ukuran penis:

  • Konseling untuk membantu membangun harga diri dan mengoreksi ide-ide menyimpang terkait dengan citra tubuh
  • Memangkas rambut kemaluan untuk membuat penis terlihat lebih besar
  • Berolahraga secara teratur dapat membantu mengatur berat badan dan meningkatkan kesejahteraan secara keseluruhan dan mungkin membantu meningkatkan fungsi ereksi
  • Mengelola berat badan Mencari bantuan untuk kondisi kesehatan seperti depresi atau kondisi jantung yang dapat memengaruhi libido atau kemampuan fisik untuk aktif secara seksual
  • Melakukan diet yang kaya akan buah dan sayuran segar serta rendah makanan olahan maupun tambahan lemak dan gula
  • Berbagi kekhawatiran dengan pasangan
  • Mencoba cara baru dalam berhubungan seks seperti melakukan seks oral atau menggunakan sex toys selama foreplay.

Kapan harus ke dokter?

Jika kekhawatiran tentang ukuran penis memengaruhi kualitas hidup seseorang, mungkin ada baiknya untuk mengunjungi dokter. Dokter akan dapat membantu memutuskan apakah ada masalah kesehatan yang harus diatasi, Kekhawatiran yang berlebihan tentang ukuran penis dapat menyebabkan depresi, kecemasan seksual, dan disfungsi seksual. Orang tersebut mungkin mengalami kesulitan mendapatkan atau mempertahankan ereksi dan mengalami kurangnya kepuasan seksual. Center of Excellences (COE) di Eka Hospital sendiri menyediakan program pelayanan terkait dengan kesehatan alat vital manusia. Program itu adalah Urology & Couple Clinic.

Urology & Couple Clinic Eka Hospital

Urology & Couple Clinic

Urology & Couple Clinic adalah Pusat Urologi, Batu Ginjal, dan Vitalitas yang dimiliki Eka Hospital. Merupakan salah satu pusat layanan terbaru yang ada di rumah sakit ini. COE ini dapat menangani infeksi saluran kemih, batu ginjal, disfungsi ereksi, kanker kandung kemih, pembesaran kelenjar dan kanker prostat, vasektomi, hingga perbaikan pada saluran kandung kemih atau saluran reproduksi pria.

Gangguan ereksi, gangguan ejakulasi, gangguan bentuk alat vital, vaginismus, kondisi menopause, kondisi andropause, dan gangguan orgasme juga bisa ditangani di sini. Urology & Couple Clinic tentunya memiliki deretan dokter spesialis yang sudah sangat ahli di bidangnya dan sudah tidak diragukan lagi.


Rayakan semarak Imlek bersama Eka Hospital! Dapatkan promo MCU spesial Imlek yang berlangsung hingga 31 Maret 2024. 

Makin bertambah usiamu makin besar potongan harganya. Yuk, lakukan pemeriksaan secara rutin agar perayaan Imlek kali ini kita selalu di kelilingi oleh orang-orang tersayang dalam keadaan sehat. Pesan sekarang juga di 1500-129.
Gong Xi Fa Cai🙌🏻

  • Mayo Clinic. https://www.mayoclinic.org/tests-procedures/vasectomy/about/pac-20384580
    Diakses pada 7 Desember 2022
  • Planned Parenthood. https://www.plannedparenthood.org/learn/birth-control/vasectomy
    Diakses pada 7 Desember 2022
  • NHS. https://www.nhs.uk/conditions/contraception/vasectomy-male-sterilisation/
    Diakses pada 7 Desember 2022

Informasi Terkait

Mengenal Kelainan Kelamin Hipospadia, Catat Bawaan Lahir Bayi Laki-laki

7 Cara Memperbesar Penis yang Bisa Dicoba dan Bermanfaat Bagi Para Pria

Mengenal Dokter Reproduksi Pria dan Bidangnya

close

Buat Appointment

Sejalan dengan komitmen kami untuk memberikan service of excelent, kami menawarkan pilihan kemudahan dalam pembuatan Appointment sesuai dengan kenyamanan Anda.

  • Alodokter
    Buat janji melalui

    Alodokter

  • Whatsapp Eka Hospital
    Buat janji melalui

    Whatsapp Eka Hospital

logo